Saturday, June 18, 2016

Tugas ke-5 Bahasa Indonesia 2: Sistem Perekonomian di Indonesia



Sistem perekonomian di Indonesia mengalami perubahan beberapa kali. Awalnya Indonesia menganut sistem ekonomi liberal yaitu sistem ekonomi yang seluruh kegiatan ekonominya diserahkan kepada masyarakat. Kemudian Partai Komunis Indonesia menyebarkan pengaruh komunisme sehingga sistem ekonomi di Indonesia berubah dari sistem ekonomi liberal menjadi sistem ekonomi sosialis.

Pada masa orde baru, sistem ekonomi pancasila disepakati sebagai suatu bentuk ekonomi baru. Sistem ekonomi pancasila itu merupakan perubahan dari sistem ekonomi sosialis. Perubahan tersebut mengandung unsur penting yang disebut demokrasi ekonomi. Demokrasi ekonomi dipilih karena memiliki ciri-ciri positif yang diantaranya adalah perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan (Suroso, 1993).
             
Setelah masa orde baru, pemerintah kembali mengganti sistem ekonomi  demokrasi menjadi sistem ekonomi kerakyatan. Sistem inilah yang masih berlaku di Indonesia. Sistem ekonomi ini berlaku sejak tahun 1998. Pada sistem ekonomi kerakyatan yang memegang peran aktif dalam kegiatan ekonomi adalah masyarakat, sedangkan pemerintah yang menciptakan iklim yang bagus bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha.  
            



DAFTAR PUSTAKA
Suroso, P.C. 1993, Perekonomian Indonesia, Teori dan Kebijakan. Jakarta: Indeks.

No comments:

Post a Comment