Sunday, June 19, 2016

Tugas ke- 6 Bahasa Indonesia 2: Indikator Ekonomi Indonesia



Indikator perekonomian adalah data yang digunakan untuk menentukan perkembangan ekonomi suatu negara yang dikeluarkan oleh pemerintah di negara bersangkutan. Indikator ekonomi digunakan sebagai pertanda tentang perkembangan pembangunan pada masa lampau maupun masa mendatang. Indikator ekonomi memberikan gambaran secara makro dan terkadang juga menjadi penentu aspek pemerataan pembangunan.
            
Indikator pertama yang digunakan adalah produk domestik bruto (PDB). Produk domestik bruto adalah nilai keseluruhan barang dan jasa yang diproduksi di dalam wilayah tersebut dalam jangka waktu tertentu. PDB hanya menghitung total produksi dari suatu negara tanpa memperhitungkan sumber faktor produksinya.
             
Selain itu, indikator lainnya adalah inflasi. Inflasi adalah suatu proses meningkatnya harga-harga secara umum dan terus menerus. Inflasi dianggap terjadi jika proses kenaikan harga berlangsung terus menerus dan saling mempengaruhi. Salah satu penyebab inflasi adalah banyaknya jumlah uang dibandingkan dengan jumlah barang yang tersedia di pasar.



DAFTAR PUSTAKA
Budi Setyawan, Aris, 2001, Perekonomian Indonesia, Jakarta: Universitas Gunadarma.

No comments:

Post a Comment